Kata-Kata Bijak Mahfud MD Tentang Hukum & Politik

Profil Singkat Mahfud MD

Prof. Dr. Mohmaad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P.. (lahir di Sampang, Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957) adalah akademisi dan profesional yang saat ini menjabat sebagai menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanaan periode 2019 – 2024/ Sebelumnya Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua Mahkmah Konstitusi periode 2008 – 2013 dan Menteri Pertahanan pada 2000 – 2001.

Mahfud MD menyelesaikan S1 Ilmu Hukum di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, Mahfud MD juga menyelesaikan S1 Sastra Arab di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta dengan Jurusan Sastra Arab, kemudian menyelesaikan Program Pasca Sarjana S2 Ilmu Politik, di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta dan terakhir menyelesaikan Program Doktoral S3, Ilmu Hukum Tata Negara, di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Kata-Kata Bijak Mahfud MD Tentang Hukum & Politik

Sudah berkali-kali saya katakan bahwa adagium penegakan hukum “tajam ke bawah dan tumpul ke atas” itu adalah adagium yang salah. Yang benar ”tumpul ke atas dan tumpul ke bawah”. Yang di atas enak karena menyuap, yang di bawah terkena karena tak mampu menyuap. Berarti hukumnya tumpul ke atas dan ke bawah.

Mahfud MD

Perkembangan masyarakat selalu mendorong perubahan hukum. Arab Saudi yang dulu melarang bioskop, sekarang membolehkan; dulu melarang wanita menyetir mobil/motor sekarang membolehkan; dulu melarang wanita jadi tentara sekarang membuka pendaftaran tentara wanita.

Mahfud MD

Kita harus membangun kesadaran kolektif bahwa 1) NKRI ini harus dijaga sebagai negara aman dan nyaman untuk kita hidup; 2) Hoax itu mengancam keutuhan NKRI dan memancing disintegrasi masyarakat; 3) Dukung penegak hukum untuk menangkap dan menghukum produsen hoax yang jahat.

Mahfud MD

Hoax yang memfitnah dan mengadu domba serta membuat resah masyarakat harus dihukum maksimal. Dilihat dari sudut apa pun pembuat hoax itu sangat jahat.

Mahfud MD

Apapun alasannya, apapun agamanya, siapapun orangnya, itu harus ditindak (Pelaku Hoax), karena itu merusak demokrasi yang mau kita bangun. Kita ini semuanya anti hoax, oleh sebab itu polisi jalan.

Mahfud MD

Hal-hal yang sifatnya fithrah seperti HAM takkan bisa dihalangi. Hak itu harus diberikan oleh negara dan negara akan kalah atau terpaksa mengalah. Jangan lawan fithrah kemanusiaan.

Mahfud MD

Penegakan hukum yang timpang dalam penanganan korupsi adalah bagian dari korupsi itu sendiri.

Mahfud MD

Berdasar fakta sejarah bangsa-bangsa dan ajaran semua agama di dunia: runtuhnya suatu bangsa disebabkan oleh korupsi para pemimpinnya dan tidak tegaknya hukum dan keadilan di kalangan rakyatnya. Kalau cinta NKRI, ayo jangan gamang lawan korupsi, tegakkan hukum dan keadilan.

Mahfud MD

Korupsi kebijakan itu lebih berbahaya dari korupsi uang. Kalau uang bisa dihitung, tapi kalau kebijakan dalam bentuk lisensi penguasaan hutan, lisensi penguasaan tambang yang sesudah saya periksa itu tumpang tindih.

Mahfud MD

Perjuangan untuk kebijakan umum harus dilakukan dengan politik, tapi berpolitik tak harus ikut partai politik. Negara adalah organisasi politik tertinggi.

Mahfud MD

Hukum Islam kadang dikonotasikan sebagai hukumnya orang-orang kolot yang hanya mengajarkan cara-cara ibadah mahdhah. Padahal, hukum Islam didukung oleh metodologi penemuan dan penetapan hukum yang tak kalah dari metode-metode ilmu hukum modern.

Mahfud MD
smartlawyer.id
Admin
Admin

Smart Lawyer lebih dari sekedar blog atau situs yang menyediakan jutaan informasi hukum secara gratis. Smart Lawyer punya tujuan, harapan, dan impian, sama seperti Anda. Smart Lawyer ingin memberikan solusi yang lebih baik untuk setiap orang yang mencari informasi hukum.

Articles: 1633